Alat Berat Pemindahan Tanah Mekanis


1.Dozer
Hasil gambar untuk dozer
Dozer merupakan traktor yang dipasang pisau atau blade dibagian depanya. Pisau berfungsi untuk mendorong, atau memotong material yang ada didepanya. Jenis pekerjaan yang biasanya menggunkan dozer atau bulldozer adalah:
Mengupas top soil dan pembersihan lahan dari pepohonan
Pembukaan jalan baru
·       Memindahkan material pada jarak pendek sampai dengan 100 m
·       Membantu Mengisi material pada scraper
·       Menyebarkan material
·       Mengisi kembali saluran
·       Membersihkan quarry
Dozer terdiri dari tiga bagian, yaitu penggerak utama (prime mover), traktor dan pisau (blade) dibagian depan. Konfigurasi pisau Buldozer.
Teknik pengoperasiannya dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi ada dua teknik yang sering digunakan, yaitu side by side dozing dan slot dozing. Pada teknik side by side dozing, dua dozer bekerja secara bersama secara berdampingan, pisau kedua dozer dihimpitkan sedekat mungkin. Untuk teknik slot dozing dibuat semacam penghalang disisi piasu, yang berfungsi untuk menghindari adanya spillage dari dozer.

2.Scrapper
Hasil gambar untuk scraper alat berat
Scraper adalah alat berat yang berfungsi untuk mengeruk, mengangkut, dan menabur tanah hasil pengerukan secara berlapis. Scraper dapa digunkan sebagai alat pengankutan untuk jarak yang relative jauh (±2000 m) pada tanah datar dengan alat penggerak roda ban. Pemilihan scraper untuk pekerjaan ini tergantung pada:
Karasteristik material yang dioperasikan
         Panjang jarak tempuh
         Kondisi jalan
         Alat bantu yang diperlukan
Scraper umumnya digolongkan berdasarkan tipenya, scraper yang ditarik (towed sraper), scraper bermotor (motorized scraper) dan scraper yang mengisi sendiri (self loading scraper). Towed scraper umumnya ditarik crawler traktor dengan kekuatan mesin 300 hp atau lebih. Scraper jenis ini dapat menampung material sebanyak 8-30m3
Towed scraper dalam pelaksananya dibantu alat lain seperti dozer.
·       Alat ini bekerja dengan kecepatan gerak lamban, namun kelebihan dari alat ini adalah
·       Mengangkut Heavy load
·       Berputar pada radius kecil
·       Menyebrkan material secara merata tanpa memerlukan alat lain
·       Ekonomis pada pekerjaan pembukaan lahan
            Daya tampung motorized scraper adalah sebanyak 15-30 m. Motorized   scraper  mempunyai kekuatan 500 hp atau lebih dengan kecepatan mencapai 60 km/jam karena menggunkan alat penggerak ban.

3.Motor Grader
Hasil gambar untuk motor grader
Motor grader merupakan alat perata yang mempunyai banyak macam kegunaan. Pada umumnya grader digunakan dalam proyek dan perawatan jalan dan dengan kemampuanya dalam bergerak, motor grader sering digunakan dalam proyek lapangan terbang.
            Motor grader mempunyai fungsi bermacam – macam, antara lain:
·       Meratakan dan membentuk permukaan
·       Merawat jalan
·       Mengupas tanah
·       Menyebarkan material ringan
Motor grader terdiri dari enam bagian utama, yaitu penggerak (prime mover), kerangka (frame), pisau (moldboard), sacrifier, circle, dan drawbar. Alat penggeraknya adalah roda ban yang terletak dibelakang.

4. Backhoe
Hasil gambar untuk backhoe
Pengoperasian backhoe umumnya untuk menggali saluran, terowongan, atau basement. Backhoe terdiri dari enam bagian utama, yaitu struktur atas yang dapat berputar, boom, lengan (arm), bucket, slewing ring, dan struktur bawah boom, lengan dan bucket digerakan oleh sistem hidrolis. Struktur bawah adalah penggerak utama yang dapat berupa roda ban atau roda crawler. Cara kerja backhoe pada saat penggalian adalah sebagai berikut:
·       Boom dan bucket bergerak maju
·       Bucket digerakan menuju alat
·       Bucket melakukan penetrasi kedalam tanah
·       Bucket yang telah penuh diangkat
·       Struktur atas berputar
·       Bucket diayun sampai material didalamnya keluar
5.Front Shovel
Hasil gambar untuk front shovel
  Front shovel digunakan untuk menggali material yang diletakan diatas permukaan dimana alat tersebut berada. Alat ini mempunyai kemampuan untuk menggali material yang keras. Jika material yang akan digali lunak, maka font shovel mengalami kesulitan. Langkah – langkah pekerjaanya adalahsebagai berikut:
·       Gerakan bucket kedepan sampai bagian ujung bucket menyentuh material
·       Gerakan bucket keatas yang bertujuan untuk menggaruk tebing sehingga bucket terisi
·       Tarik bucket kearah alat saat sudah terisi penuh material
·       Struktur atas berputar untuk pembongkaran material baik dengan membentuk timbunan pada truk
·       Saat posisi tebing sudah jauh dari jangkauan, alat digerakan mendekati tebing untuk pekerjaan penggalian selanjutnya.

6.Dragline
Hasil gambar untuk dragline
Dragline merupakan alat gali yang dipakai untuk menggali material dengan jangkauan yang lebih jauh dari alat – alat gali lainya. Ketinggian timbunan hasil pembongkaran, radius pergerakan dan jangkauan penggalian dragline lebih besar disbanding dengan front shovel, untuk kapasitas yang sama maka penggunaan dragline akan memberikan jangkauan yang lebih jauh. Namun dilihat dari segi produktivitasnya , dengan kapasitas yang sama maka produktivitas front shovel lebih lebih besar dari pada produktivitas dragline.
7.Dumb Truck
Hasil gambar untuk dump truck
Truk sangat efisien untuk pengangkutan jarak jauh. Kelebihan truk disbanding alat lain:
·       Kecepatan lebih tinggi
·       Kapasitas besar
·       Biaya operasional kecil
·       Kebutuhanya dapat disesuaikan dengan kapasitas alat gali
 Klasifikasi truk berdasarkanfaktor:
·       Ukuran, tipe mesin dan bahan bakar
·       Jumlah roda,asdan cara penyetiran
·       Metode pembongkaran muatan
·       Kapasitas
·       Sistem pembongkaran ( rear dump, bottom dump, dan side dum )
Cara kerja seperti mobil pada umumnya

8.Loader
Hasil gambar untuk loader
Loader adalah alat umum yang dipakai dalam proyek konstruksi untuk pekerjaan pemuatan material hasil penggalian ke dalam truk atau membuat tiumbunan material. Jarak tempuh loader biasanya tidak terlalau jauh  . pada baian depan loader terdapat bucket sehinggal alat ini umumnya disebut front-end loader. alat penggerak dapat diklasifikasikan sebagai roda crawlwr atau ban.
            Kapasitas angkat loader dipengaruhi aleh beberapa factor . factor itu antara lain,berat mesin, lokasi titik berat alat, panjang radius, tenaga alat. Sementara produktivitas alat dipengaruhi oleh factor, kondisi material, tipe bucket dan kapasitasnya, area untuk penggerak loader, waktu siklus, loader, waktu efisien loader.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Waktu Siklus dan Produktivitas Pada Alat Berat

KAJIAN PENGGUNAAN ALAT-ALAT BERAT PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL (BOGOR, CIAWI, SUKABUMI)